Genggam Erat Sahabatmu


 “Jika engkau memiliki teman (yang selalu membantumu dalam ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala), maka peganglah ia erat-erat, jangan pernah engkau melepaskannya. Karena mencari teman (baik) itu susah, tetapi melepaskannya sangatlah mudah” (Imam Syafi’i)

    Setuju gak kalau mencari teman terbaik (sahabat) itu susah? Hehe yups, aku setuju banget nih 😁

    Mencari teman biasa memang sedikit lebih mudah, karena sejatinya berteman bisa dengan siapa saja termasuk orang yang baru saja kita temui. Namun mencari teman terbaik (sahabat) yang selalu mengingatkan kita dalam ketaatan pada Allah inilah ternyata yang sulit.

    Sungguh bersahabat dengan orang-orang yang shalih adalah nikmat yang sangat besar. Umar bin Khattab berkata, “Tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara (semuslim) yang shalih. Apabila engkau dapati salah seorang sahabat yang shalih maka peganglah erat-erat.” [Quutul Qulub 2/17]

    Sifat seseorang dan keshalihan itu “menular”, dengan berkumpul bersama orang shalih, maka kita juga akan menjadi shalih dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang buruk, bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu, engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapati baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak sedap.” (HR. Imam Bukhari).

    Jadi, selagi masih hidup di dunia, yuk perbanyak teman terbaik (sahabat) kita. Karena selain dia bermanfaat di dunia, dia juga bermanfaat di akhirat nanti. Apa manfaatnya? Diriwayatkan : "Apabila penghuni surga telah masuk ke dalam surga lalu tidak menemukan sahabat yang selalu bersama mereka dahulu di dunia maka mereka pun bertanya kepada Allah : 'Ya Rabb, kami tidak melihat sahabat yang sewaktu di dunia shalat bersama kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami." Maka Allah berfirman, "Pergilah ke neraka lalu keluarkanlah sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman, walau hanya sebesar dzarrah." (Ibnu Mubarak dalam kitab Az Zuhd).

    Untuk itu, dalam bersahabat pilihlah mereka yang bisa membantu kita, bukan hanya ikatan di dunia tetapi juga hingga akhirat. Bagi kalian yang sudah menemukan sahabat taatnya, jangan pernah disia-siakan ya. Genggam erat tangannya, kalau perlu sekalian diikat biar ga bisa kabur hehe. Eitss, tapi bukan ikat dengan rantai ya, tapi ikatlah dia dengan doa agar persahabatan yang dijalani dapat bertahan hingga ke Surga, Aamiin ya Rabb, Aamiin ya Mujiibassailin 😊

0 komentar